Sunday, December 25, 2011

Macam-macam Aplikasi Untuk membuka Ebooks

Saya termasuk orang yang bisa dibilang keranjingan ngebaca buku buku ebook. Bagi saya membaca buku di ebook itu lebih praktis dan nyaman dari pada baca buku yang biasa. Saya paling suka dengan search (cari kata atau kalimat di pdf) kalau di ebook itu mudah. Beda kalau buku biasa. Susah untuk menemukan kalimat atau kata yang ada di dalam nya. File Ebook bisa berbagai macam.  Beberapa yang pernah saya lihat dan temui diantaranya adalah berbagai jenis berikut :

  1. .txt
  2. .exe
  3. .doc atau .docx atau sejenisnya
  4. .pdf
  5. .djvu
  6. .prc
  7. .rar atau .Zip (kadang dikemas dalam format seperti ini)

Membuka Berbagai jenis Ebook
Membuka file .TXT
Semua juga pasti tahu ya beberapa, misal .Txt mudah saja dibuka pake notepad. Umum, udah pasti ada di komputer manapun aplikasi notped ini biasanya.

Mebuka file .doc atau .docx
ini juga tidak jauh berbeda dengan notepad. Pasti semua juga punya aplikasi untuk membuka file ini. Bisa dibuka dengan microsof office word, .Doc (dibuka minimal office 2003) sedangkan .Docx (minimal office 2007)

Membuka file .exe
File seperti ini adalah file aplikasi.. Jadi, sebenarnya gak usah ribut-ribut nyari nyari aplikasi buat membuka file jenis ini di komputer, tinggal buka dan langsung saja jalankan.

Membuka file .Pdf
Berbeda dengan jenis jenis file diatas, file .Pdf lebih khusus. Tidak semua komputer sudah memiliki aplikasi pembuka file ini (punten, kalw yg punya komputernya gaptek. He...). Nah, File .pdf biasanya yang saya lihat lebih sering dibuka dengan aplikasi pdf adobe reader. Namun, saya sendiri lebih suka membuka file jenis ini dengan foxit reader, karena lebih cepet loadingnya dari adobe.
Temen2 bisa coba Download foxit reader

Membuka File .djvu
nah, kalw aplikasi untuk membuka file ini kamu gak punya, saya bilang wajar. Karena jenis file ini termasuk jarang. Tapi kalw membuka pdf gak punya... Wah keterlaluan itu mah. Untuk membuka file .Djvu (Dejavu) saya biasa menggunakan Djvu Viewer. Temen2 bisa coba Download Djvu Viewer


Membuka File .prc
saya juga memaklumi kalau temen temen tidak punya aplikasi untuk membuka file .prc , karena ini juga termasuk jarang. Untuk membuka ini, saya biasanya menggunakan mobipocket reader. Temen-temen bisa Download Mobipocket Reader.

Membuka file .Zip atau .Rar
sebenarnya ini bukan bagianya ya, hanya saja, karena banyak ebook dikemas kedalam file file ini, maka saya rasa perlu memasukanya dalam bahasan. File file jenis ini bisa dibuka misalnya dengan winrar dan winzip.

Baca Juga :
Aplikasi Bagus Untuk Belajar Mengetik 10 Jari
Mengganti slide Power point dengan HP
Cara menjadikan HP sebagai modem
Mengatasi Windows Ekplorer stop Working
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment