Wednesday, January 18, 2012

Cara Mengubah Bahasa Di IDM ke Indonesia

Secara default, IDM yang tersebar di internet yang biasa kita gunakan menggunakan bahasa inggris. Hal ini karena bahasa Inggris merupakan bahasa international yang hampir bisa dipahami oleh siapapun di seluruh dunia. Selain karena faktor tersebut, salah satu alasan lain adalah bahasa windows yang umum gunakan adalah bahasa inggris. Berdasarkan pengalaman saya, penggunaan bahasa inggris di windows inilah yang menjadi salah satu alasan IDM secara default menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Jika bahasa windows kita ubah menjadi bahasa indonesia, seperti yang saya gunakan saat ini di windows saya. Maka ketika kita menginstal IDM, akan terbuka secara otomatis sebuah jendela yang menyarankan kita untuk mendownload bahasa pengantar idm yang baru, yaitu bahasa indonesia.

Mengubah Bahasa di IDM
Untuk mengubah bahasa di Internet Download Manager (IDM), kita bisa melakukannya dengan memilih salah satu bahasa yang tersedia di menu view IDM. Jika kita ingin mengubah ke bahasa indonesia, maka pilihlah bahasa indonesia dari berbagai bahasa yang tersedia di sana.

Cara Merubah Bahasa :
Buka IDM, pilih Menu View > Language > Indonesia


Menambahkan Bahasa Indonesia
Jika IDM yang kita gunakan sudah support bahasa indonesia, maka di pilihan language sudah terdapat pilihan indonesia. Tapi jika tidak ada, kita bisa dengan mudah menambahkan versi bahasa indonesia dengan mengikuti cara berikut ini :
  1. Download File Bahasa Indonesia Disini
  2. Masuk ke Ekplorer komputer kamu dan copy file yang telah kamu download tadi ke folder languages tempat kamu menyimpan/menginstal IDM. Biasanya di : Sistem (C)/ Program Files / Internet Download Manager / Languages
  3. Jika kamu pengguna IDM FULL, coba periksa di : Sistem (C)/ Program Files /WWW.HOSTJSC.NET / Internet Download Manager / Languages
  4. Setelah File idm-ina.lng berhasil di copy pada lokasi tersebut, Restart IDM kamu.
  5. Jika berhasil, saat kamu mebuka IDM pada giliran berikutnya, akan muncul sebuah kotak dialog yang menawarkan bahasa yang ingin anda gunakan. Pilih indonesi kemudian OK
Berikut adalah contoh tampilan dari Internet Download Manager (IDM) berbahasa indonesia yang saya gunakan.
Gambar IDM berbahasa Indonesia
Demikianlah artikel sederhana yang saya buat hari ini. Semoga apa yang saya tulis kali ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

Baca Juga :
Cara Merubah Bahasa (Bahas indonesia) di Microsoft Office
Aplikasi Pengingat Waktu Shalat
Macam-macam Aplikasi Untuk Membuka Ebooks
Aplikasi Bagus Untuk Belajar Mengetik 10 Jari
Mengganti slide Power point dengan HP
Mengatasi Windows Ekplorer stop Working
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment