Wednesday, September 3, 2014

Mengenal, Membedakan Link Dofollow dan Link Nofollow dengan SEO For Chrome

Tahap 1 : Mengenal Link Dofollow dan Nofollow
Di dalam aktivitas apapun di internet kita pasti akan sering menjumpai apa yang disebut sebagai link (Tautan). Link ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu berupa link dofollow dan link nofollow. Dari asal usul katanya sebenarnya sudah cukup menggambarkan apa itu dofollow dan nofollow, yaitu, mengikuti dan tidak mengikuti.

Siapa Yang mengikuti dan tak mengikuti?
Seperti yang kalian tahu, bahwa mesin pencari google bekerja sangat baik, ketika kita mencari sebuah berita atau informasi. hal itu tak lepas dari hasil kerja googleboot yang mengindeks situs-situs yang ada di Internet. nah, salah satu pekerjaan googlebot inilah yang menelusuri (mengikuti) atau tidak menelusuri sebuah link. semakin sering website kita di telusuri oleh google boot, tentu website kita akan menjadi lebih terindeks dengan baik dan bisa mudah ditemukan di mesin pencari google.

Link dofollow umumnya akan kita jumpai pada setiap link di dalam sebuah blog, seperti di judul blog, judul artikel, link dalam artikel, di widget-widget blog, kecuali di dalam form komentar. Link-link komentar umumnya merupakan sebuah link yang nofollow (tapi bisa di set menjadi dofollow jika pemilik blog mau melakukannya). Alasan seperti agar link kita ditelusuri googleboot inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa para bloger melakukan tukar link (Link Exchange) atau tak menyia nyiakan berkomentar di blog dofollow.


Tahap 2 : Membedakan Link Dofollow dan Link Nofollow di Google Chrome
Tanpa alat bantu, mata kita akan melihat semua link baik link dofollow maupun link nofollow tampak sama saja baik menggunakan google chrome, mozilla, opera atau browser apapun. untuk melihat link nofollow dan dofollow ini biasanya digunakan tools sesuai dengan browser yang digunakan. Pada kesempatan ini saya hanya akan membahas sebuah tools yang bisa digunakan di goole chrome untuk melihat link yang nofollow dan dofollow.

Download SEO for Chrome Disini : https://chrome.google.com/webstore/
Tunggu hingga Instalasi selesai
Klik SEO for chrome lalu beri tanda ceklis pada option Show Nofollow

Mengenal, Membedakan Link Dofollow dan Link Nofollow di Google Chrome

Mengenal, Membedakan Link Dofollow dan Link Nofollow di Google Chrome


Link-link Nofollow akan ditunjukan dengan warna kotak merah atau orange, biasanya berupa kotak putus-putus atau garis. perhatikan contoh berikut :

Mengenal, Membedakan Link Dofollow dan Link Nofollow di Google Chrome


Baca Juga :
Keuntungan membuat link nofollow di blog
Cara Mengetahui/melihat Seluruh Artikel Blog Orang Lain
Cek Kecepatan Loading Blog Kita
Cara mudah mengetahui link yang rusak di Blog
Cek kapan terakhir google boot berkunjung di blog kita
cara membuat artikel blog terindeks di google dalam hitungan menit
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment