Sunday, January 4, 2015

Panduan Belajar Photoshop Secara Mandiri

Seperti yang hampir semua orang ketahui. Photoshop adalah salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit sebuah foto. Berbagai foto unik, aneh, indah (atau kalimat apapun yang yang bisa menggambarkan sebuah foto) bisa dengan mudah dibuat dengan aplikasi ini.  Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan banyak hal, seperti mengganti backround gambar, mengubah warna, memberikan efek-efek, menggandakan diri, ataupun berbagai hal menarik lainya. Semua hanyalah terbatas pada kreativitas pikiran kita. Dengan alasan itulah, sejak dulu saya tertarik untuk mempelajari dan menguasai teknik-teknik untuk menggunakan aplikasi ini.

Sebelumnya saya berpikir, bahwa mempelajari photoshop cukuplah kita perlakukan seperti aplikasi yang lain. Cukup buka aplikasi kemudian masukan foto dan mengutak-atik semua tombol satu persatu agar bisa kita ketahui fungsinya. Namun ternyata saya salah, ketika pertama membuka aplikasi tersebut, saya amati kebanyakan tombol hampir semuanya tidaklah berfungsi. Di geser, di klik, atau beberapa cara lain tak mengubah gambar sedikit pun. Hal ini berarti, belajar photoshop memang memerlukan panduan (sebuah buku atau seorang guru).

Menemukan seorang guru yang baik dan gratis cukup susah di zaman sekarang ini. Teman-teman yang saya miliki pun tidak ada yang menguasa aplikasi ini, sehingga pelarian saya hanyalah buku panduan.
Di internet, menemukan buku panduan menggunakan photoshop juga tidaklah mudah. Tidak semudah membeli buku di toko buku (Hehe). Namun akhirnya setelah memilih-milih kata kunci yang pas di mbah google, buku-buku elektronik yang bisa saya gunakan secara leluasa untuk mempelajari aplikasi pengedit foto ini berhasil saya temukan. Jika teman-teman juga tertarik, bisa download buku elektronik berikut ini :
Buku Elektronik (PDF) menggunakan Photosop
  1. Buku Panduan Photoshop Pertama (Rekomend)
  2. Buku Panduan Photoshop Kedua (rekomend)
  3. Buku Panduan Photoshop Ketiga
  4. Buku Panduan Photoshop Keempat
  5. Buku Panduan Photoshop Kelima
Setelah membaca buku-buku tersebut, akhirnya saya memahami alasan kenapa banyak tombol di aplikasi pengedit foto (Photoshop) seolah-olah tidaklah berfungsi. Ternyata kuncinya hanyalah kita harus memahami apa itu layer dan memperhatikan lebih teliti status dari layer yang sedang ingin kita edit (lihat gambar gembok). Selama gembok itu tidak kita buang, kita memang tidak bisa mengedit layer tersebut.


Sekedar tambahan, jika teman-teman bingung kenapa tampilan photoshop yang teman-teman gunakan berbeda dengan yang ada di buku panduan. Temen-temen cukup mengubah jenis workspace yang temen-temen gunakan. Perhatikan kotak merah nomor 2 pada gambar di atas.

Ini beberapa gambar hasil latihan saya menggunakan photoshop CS3, pada hari minggu kemarin. Bagaimana hasilnya menurut kalian? (semoga tidak terlalu buruk)

Foto Dina Widiastuti Mahasiswi UPI Tasikmalaya

Foto Dina Widiastuti Mahasiswi UPI Tasikmalaya

Foto Dina Widiastuti Mahasiswi UPI Tasikmalaya

Foto Dina Widiastuti Mahasiswi UPI Tasikmalaya










Demikianlah, artikel hari ini tentang belajar mandiri menggunakan photoshop. Semoga apa yang saya tulis hari ini cukup bermanfaat untuk kalian

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment