Sunday, June 5, 2011

Menghapus Virus Guardian di Ponsel

Sebenarnya apa sih virus guardian itu....?

Virus SMS Guardian adalah sebuah aplikasi handphone yang secara otomatis mengirimkan SMS dan MMS ke nomor +33xxxxx secara terus menerus, akan tetapi SMS dan MMS tersebut tidak ditampilkan pada menu sent item pada handphone sehingga pemilik handphone tidak sadar bahwa handphone mereka terkena sms virus guardian ini.
Lalu bagaimana menghadapi virus ini..... ?


Pengiriman sms yang dilakukan secara terus-menerus inilah yang membuat server sms menjadi overload sehingga provider besar seperti telkomsel dan sejenisnya merasa perlu untuk turun tangan. Biasanya dengan mengirimkan peringatan pada pelanggan untuk segera menghapus virusnya.

Tidak hanya pengguna handphone symbian yang memungkinkan mendapatkan sms pemberitahuan virus ini, sebenarnya handphone mereka yang tidak terkena virus pun terkadang terkirimi pesan oleh provider. Hal ini mungkin terjadi karena sebelumnya mereka pernah memindahkan sim card mereka ke HP simbian yang terkena virus sehingga mereka kebagian sms itu.

Tapi jangan takut, setelah kurang lebih 3 hari, jika mereka tidak memindahkan chip simcard tersebut ke HP symbian yang terkena virus tersebut, sms pemberitahuan virus tersebut akan berhenti.

Ada beberapa cara untuk mencegah penyebaran virus guardian dan virus2 lainya dari handphone pada umumnya:

Jangan terlalu sering memasang atau memindah-mindah memori card dari handphone lain, kalau memang terpaksa, pastikan memori card dan handphone asal tidak terkena virus.

Jangan menerima koneksi bluetooth dari perangkat lain yang tidak kita ketahui atau tidak kita minta. Lebih amannya, hanya nyalakan perangkat bluetooth pada saat kita butuhkan saja.

Jika perlu bertukar file, foto atau aplikasi dengan teman, pastikan handphone teman kita itu tidak terkena virus.

Sedangkan untuk menghapus virus guardian sendiri, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan menggunakan aplikasi yang bisa melihat system HP anda, diantaranya :

FExplorer, download
Y-Browser, download
seleq, Download
Best Fileman atau Fileman, download

Pada intinya, caranya sama yaitu mencari file atau folder yang mempunyai nama guard* menggunakan menu find atau search. Setelah ketemu, hapus file-file tersebut.

Letak file itu biasanya terdapat pada system > apps > guardian
(terletak di keduanya, ada di memori telepon dan memori card )

Baca Juga :
Aplikasi S602 Kebanggan Mahfudin Indra Wijaya
Macam-macam Aplikasi Untuk Membuka Ebooks
Aplikasi Bagus Untuk Belajar Mengetik 10 Jari
HP Symbian
Servis manual HP yang RUSAK
SMS dan CALL Blacklist
Tips merawat Batrai HP dan Laptop
Mengganti slide Power point dengan HP
Cara menjadikan HP sebagai modem
Mengatasi Windows Ekplorer stop Working

No comments:

Post a Comment