Tuesday, October 7, 2014

Keuntungan membuat Link Nofollow Di Blog

Seperti yang pernah kita bahas sebelumnya berkaitan tentang apa itu yang disebut sebagai link dofollow dan link nofollow serta bagaimana cara  Membedakan Link Nofollow dan Dofollow. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang keuntungan membuat link menjadi nofollow di dalam sebuah Blog.

Link Nofollow artinya membuat mesin pencari mengacuhkan, sehingga tidak masuk dan mengindeks artikel yang ada di dalam link tersebut (Biasanya Link Eksternal). Sehingga mesin pencari tentunya akan menjadi punya banyak waktu untuk mengindeks  link link yang lain (Link Internal blog kita). Jika kita melakukan hal ini, tentunya Artikel-artikel di dalam blog yang kita miliki akan menjadi terindeks dengan lebih baik. Sehingga Blog kitapun memiliki kedudukan yang baik di google.

Cara membuat Link Nofollow
Entah teman-teman sadari atau tidak. Untuk membuat sebuah link yang nofollow ini sangatlah sederhana. Sesederhana cara membuat sebuah link yang terbuka di TAB baru. Perhatikan saja ketika kita membuat sebuah link di blogspot.

Keuntungan membuat Link Nofollow Di Blog

Dibagian bawah terdapat ceklist untuk mengatur agar sebuah link terbuka di Tab Baru. terdapat pilihan juga untuk membuat apakah link tersebut ingin di buat dofollow atau nofollow. Pilihlah Nofollow jika temen-temen sedang membuat Link Eksternal (Keluar Blog), kecuali untuk keperluan khusus, seperti link eksternal di Tukar Link (jangan dibuat nofollow).

Melalui Edit HTML
Jika di dalam mode HTMl kita biasa melihat sebuah Link seperti berikut, temen-temen cukup menambahkan rel='nofollow' agar link tersebut menjadi nofollow. perhatikan contoh pembuatan link nofollow berikut :

Link Terbuka di Tab Baru, Biasa
<a href="http://pelajarterbaikupi.blogspot.com/2011/07/backlink.html" target="_blank">Tukar Link</a>

Link Terbuka di Tab Baru, Nofollow
<a href="http://pelajarterbaikupi.blogspot.com/2011/07/backlink.html" rel='nofollow' target="_blank">Tukar Link</a>


Membuat Seluruh Link Eksternal menjadi Nofollow
Setelah mengganti domain blogspot menjadi domain TLD, blog pelajarterbaik yang saya miliki ini kehilangan traffik, karena blog dengan domain baru ini belum terindeks dengan cukup baik. Sehingga salah satu hal yang saya lakukan adalah membuat seluruh link eksternal menjadi nofollow, sehingga googleboot menjadi lebih fokus untuk mengindeks blog ini.

Cara untuk membuat seluruh link ekseternal menjadi nofollow sebenarnya cukuplah mudah. saya sendiri melakukannya pada Menu edit Template - Edit HTML. kemudian meletakan script tertentu di atas kode </body>. Berikut adalah script yang saya gunakan untuk membuat seluruh link eksternal menjadi nofollow :

<!-- External Link No Follow -->
<script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/>
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
jQuery('a').each(function() {
var href = jQuery(this).attr('href');
if (typeof href != 'undefined' && href != "" && (href.indexOf('http://') != -1 ||
href.indexOf('https://') != -1) && href.indexOf(window.location.hostname) == -1) {
jQuery(this).attr("rel", "nofollow");
}
});
//]]>
</script>
<!-- End External Link No Follow -->


Baca Juga :
Mengenal dan membedakan link nofollow dofollow
Cara Agar Blog Terindeks dalam Hitungan Menit
Agar Artikel tak Terindeks Mesin Pencari Google
Cara Membuat Galeri Slideshow di artikel Blog
Cara melihat seluruh artikel Blog orang lain
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment