Thursday, December 11, 2014

Cara Memberi Password Pada File PDF

Pada artikel sebelumnya kta pernah membahas dengan cukup sederhana terkait aplikasi nitro PDF prffesional. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbicara tentang salah satu hal luar biasa yang bisa kita lakukan dengan aplikasi tersebut.

Mungkin temen-temen pernah melihat bagaimana uniknya sistem pengaman pada file-file PDF yang tersebar di internet. Bebeapa bisa kita gunakan dengan bebas, beberapa memerlukan password untuk membukanya, beberapa tdak bisa di copi paste, ada file PDF yang tidak Bisa kita Print, serta ada juga gabungan dari berbagai hal tersebut. Hal-hal tersebut dilakukan untuk melidungi File PDF agar tidak bisa dengan mudah di edit dan digunakan oleh orang lain. lalu pertanyaannya, apakah kalian juga tertarik membuat File PDF kalian seperti itu?


Tidak bisa di copi Paste
File PDF tak bisa di Print
Untuk membuat pengaman pada file PDF misalnya sekedar memberi password, atau dengan tingkat yang lebih kompleks seperti yang saya sebutkan di atas. Sebenarnya sangatlah mudah. Saya sendiri biasa menggunakan microsoft office maupun nitro PDF Proffesional jika hendak memberi pengaman pada File PDF.

Menggunakan Microsoft Office
Jika pengaman yang diperlukan hanyalah memberi password pada file PDF, sehingga file tersebut akan meminta password setiap akan dibuka. Maka microsoft office menjadi pilihan yang paling mudah. Ketika kita ingin membuat file PDF dengan microsoft office, kita cukup memberikan langkah tambahan dengan klik alat/tools pada pojok kanan bawah. lalu pilih Opsi Umum (saya Mengubah office saya menjadi bahasa indonesia). Kemudian cukup memberikan password yang kita inginkan.


Menggunakan Aplikasi Nitro PDF Proffesional
Dengan menngunakan nitro PDF proffesioanl, keamanan yang bisa kita berikan pada file PDF yang kita miliki bisa menjadi lebih kompleks, seperti melarang print, memberi password saat membuka, melarang untuk di copi paste, serta beberapa pengaturan lainnya. Temen-temen cukup membuka File PDF yang ingin kita beri pengaman, lalu klik menu secure and sign. Pilih Password security. Lalu lakukan pengaturan sesuai yang temen-temen mau. Saya pikir itu mudah.



Sebenarnya berbagai bentuk pengaman, selain memberi password saat membuka. Menurut saya adalah bentuk pengaman yang masih belum sempurna, karena bisa dengan mudah di jebol. Berikut adalah  bagaimana cara terbaik untuk memberi pengaman pada File PDF.

Contoh File Meminta Password saat di buka
Jika teman-teman tertarik mendownload aplikasi ini, bisa mengunjungi artikel cara mengubah gambar menjadi PDF. Demikianlah cara memberi password pada File PDF dengan microsoft office dan nitro PDF Proffesional. Semoga Artikel sederhana kali ini bermanfaat untuk kalian pembaca blog ini.


Baca Juga :
Cara Paling aman Melindungi File PDF dari Copi Paste
Cara Memberi Password Pada File PDF
Cara Mudah Mengubah Word dan gambar Menjadi File PDF
Cara Mengubah Kumpulan Gambar Menjadi PDF dengan Nitro PDF
Cara Terbaik untuk Convert (mengubah) File PDF menjadi Word
Cara Mudah Mengubah File PDF, Word, PPT Menjadi File Gambar
Memperkecil ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitas
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment