Tuesday, December 2, 2014

Cara Mendaftar dan Pasang Histats Counter di Blog

Histats counter adalah sebuah layanan pencatat statistik blog yang disediakan dengan gratis oleh histats.com. Jika kita adalah sebuah pemilik blog/situs, tentu kita terbiasa dengan pageviews di menu statistik blog (blogspot) yang kita miliki. Namun tentu kalian menyadari bahwa statistik yang ditampilkan  tersebut terbatas pada pageviews atau jumlah halaman yang dibuka. Di dalam statistik tersebut tidak ada catatan berapa jumlah pengunjung di blog kita.

Jumlah pengunjung (visitor) tidak sama dengan jumlah halaman yang tampil (pageviews), karena satu pengunjung bisa saja membuka 1, 2, atau bahkan puluhan halaman ketika berkunjung di blog/situs kita.

Kekurangan yang dimiliki pada menu statistik di blogspot salah satunya adalah tidak adanya catatan berapa sesungguhnya pengunjung yang datang pada blog tersebut. Padahal jumlah pengunjung yang datang juga salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan ketika kita mencoba membuat sebuah blog/situs yang baik. Kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan menempatkan widget pelacak statistik dari pihak lain, seperti misalnya google analytics ataupun histats.

Keduanya mampu memberikan statistik dari blog yang kita miliki. Google analytics mempunyai statistik yang lebih akurat namun kurang kompleks. Sementara Histats mampu memberikan data yang lebih kompleks meskipun keakuratan statistik yang ditampilkan tidak seakurat google analytics. Dengan Histats kita akan bisa melihat statistik terkait (diantaranya) :
  1. Jumlah pengunjung online
  2. Jumlah penayangan laman hari ini
  3. Jumlah pengunjung hari ini
  4. Total pengunjung
  5. Rata-rata lama pengunjung mampir di blog
  6. Jumlah halaman yang dibuka pengunjung
Berikut ini adalah contoh tampilan statistik sebuah blog dari Histats.


Untuk bisa menikmati fasilitas histats ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti membuat akun di histats, mendaftaran nama situs dan set pengaturan yang di inginkan, kemudian memasang kode HTML yang diperoleh di blog yang kita miliki.

Cara Mendaftar di Histats Counter
  1. Untuk mendaftar cukup kunjungi situs http://www.histats.com kemudian isi seluruh data seperti nama, email, pasword, zona waktu, serta chaptcha. Setelak memberi ceklis pada "I have read and agree Publisher Agreement Terms" klik register.
  2. Buka email yang anda daftarkan pada akun Histats tersebut lalu klik link aktivasi yang diberikan untuk melengkapi pendaftaran akun histats anda.
  3. Masuk kembali ke situs histats dan cobalah masuk dengan mengisi mail dan password yang anda miliki.

Cara Mendaftarkan Blog di Histats Counter
  1. Masuk ke akun histats anda
  2. Klik Control panel kemudian pilih "add a website" sehingga anda akan dibawa pada formulir pendaftaran.
  3. Masukan URL blog, zona waktu, Categori blog, serta deskripsi tentang blog/situs yang anda daftarkan.
  4. Pada pilihan "Site Visibility" dan "Site Stats Are Visible Only To You" pilih sesuai kebutuhan. site visibilty membuat statistik blog anda bisa dilihat orang lain. Sementara  Site Stats Are Visible Only To You membuat statistik hanya bisa dilihat oleh anda (log in dengan akun anda). Saya rekomendasikan gunakanlah Site Stats Are Visible Only To You.
  5. Masukan Cahaptcha lalu klik continue

Setelah anda klik continue maka kurang lebih anda akan melihat tampilan baru yang menandakan pendaftaran telah selesai :


Pilih Stats, maka anda akan di bawa kepada tampilan statistik blog anda seperti contoh statistik gambar di atas. hanya saja bagan nya masih kosong, kita harus meletakan kode HTML di blog/situs kita terlebih dahulu agar statistik blog mulai bisa terlacak.

Cara Meletakan Kode Histats di Blog
  1. Setelah anda berada di tampilan stats, klik "Counter Code" di pojok kanan atas kemudian klik "add new counter".
  2. Kemudian pilih tampilan gadjet histats atau jika tidak ingin ada tampilan pilihlah "Tab Hidden Tracker". Kemudian Klik Gambar Hidden tracker tersebut dan save.
  3. Setelah tombol save di klik kita akan memperoleh counter ID, klik Counter ID tersebut.



Temen-temen boleh pilih script mana yang ingin temen-temen ambil, tapi saya sarankan gunakan async saja. Langkah berikutnya adalah masuk ke akun blog temen-temen, pilih tata letak layout kemudian tambah gadjet (HTML), copi paste Script tersebut di sana. Jika temen-temen mau meletakannya di Template blog lewat Edit HTML juga boleh.

Demikian artikel hari ini tentang "Cara Mendaftar dan Pasang Histats Counter di Blog". semoga bisa bermanfaat untuk temen-temen.

Baca Juga :
Cara membuat daftar isi otomatis di blog
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment