Tuesday, February 24, 2015

Cara membeli domain dan hosting di Idwebhost

Sejak pertengahan februari di tahun 2015 yang lalu, saya mengganti domain blogspot yang saya miliki menjadi domain TLD (Top Level Domain) yaitu com. hal ini saya lakukan karena saya ingin blog ini menjadi sebuah blog yang memang eksis di dunia maya. Karena terus terang seperti yang pernah saya katakan, bahwa domain gratisan semacam blogspot cukup rentan untuk dihapus pihak google. nah, paling tidak, dengan menggunakan domain TLD, eksistensi blog ini bisa dipertahankan karena trafiknya tidak akan hilang seandainya Blog ini dihapus oleh blogspot.

Situs yang saya pilih untuk membeli domain TLD di indonesia adalah idwebhost. Situs ini saya pilih karena : 
  1. Situs ini memiliki layanan Customer Service yang bagus (sering online) sehingga jika kita menemukan masalah dalam pembelian domain atau hosting serta bagaimana mengaturnya, kita akan dengan mudah menemukan jawabannya melalui Customer Service.
  2. Biaya yang murah jika dibandingkan dengan situs yang lainnya. Coba saja anda perhatikan daftar harga domain di Idwebhost (di bawah)
  3. Biaya perpanjangan domain stabil tiap tahun. Hal ini berbeda untuk situs lain yang saya temukan karena sebagian besar biaya nya sedikit naik setiap tahunnya.
Cara Menghubungi Customer Service
Untuk menghubungi customer service, anda cukup klik live support Online (Silahkan Klik untuk chat) dipojok kanan atas, lalu masukan nama dan email anda. Mereka akan merespon dengan sangat baik.

Daftar Harga Domain di Idwebhost
Berikut adalah daftar harga domain di situs idwebhost yang saya ambil pada februari tahun 2015. Domain paling murah adalah web.id yaitu Rp. 55.000,- sedangan domain .com memiliki harga Rp. 95.000,- Jika ingin menengok harga terbaru saat ini, kunjungi saja URL Berikut ini : Daftar Harga Domain

Daftar Harga Domain di Idwebhost
Daftar Harga Domain di Id webhost

Cara Membeli Domain di Idwebhost
Pada dasarnya langkah-langkah untuk melakukan pembelian di idwebhost ini adalah anda mengisi form pendaftara di situs idwebhost, melakukan pembayaran melalui Bank ataupun paypal, kemudian langkah terakhir adalah konfirmasi pembayaran ke pihak idwebhost. Sisa nya adalah melakukan pengaturan-pengaturan di situs anda.

Nah, jika anda ingin membeli domain dari idwebhost anda akan mendapati bahwa tampilan situs ini mengalami perubahan yang cukup signifikan di tahun 2015. Berikut adalah beberapa langkah detail bagaimana membeli domain di idwebhost :

Kunjungi situs id webhost di halaman berikut ini : Beli domain dan hosting idwebhost ketikan nama domain yang ingin anda gunakan. Jika domain tidak tersedia, pilihlah nama domain yang lain. Jika sudah tersedia, Klik beli domain saja

Domain Tersedia

Setelah anda klik maka anda akan di bawa ke halaman berikut :


Nah, seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa harga setiap tahun untuk domain di idwebhost hampir sama, kurang lebih bisa terlihat dari gambar dibawah ini. Domain di tempat lain, meskipun harga di tahun pertama masih sekitar 100ribuan, tapi harga untuk 2 tahun sudah mencpai 200 ribu dan 3 tahun sudah lebih dari 300ribu bahkan ada yang mencapai 400ribuan. tentukan berapa tahun anda ingin mengontrak domain tersebut lalu klik order sekarang. (masa kontrak sebenarnya bisa diperpanjang dengan harga yang sama jika anda memiliki dana tahunan terbatas)



Setelah anda klik order, maka anda akan menjumpai tampilan berikut ini :
Jika anda mau mengatur DNS managemen serta proteksi ID silahkan beri centang. Tapi jika tidak mau maka biarkan saja. Name server biarkan saja seperti itu, atau jika anda memiliki server sendiri, maka anda bisa menggantinya dengan server yang anda miliki. Lalu klik lanjutkan.


Setelah mengatur server maka anda akan menjumpai kolom pendftaran (data diri) tampak sebagai berikut : Isikan data diri anda, atau jika anda sudah memiliki akun idwebhost anda cukup log in (klik sudah menjadi mitra). Kode Promosi idwebhost anda kosongkan saja. Tapi jika anda memiliki kode promosi idwebhost, maka silahkan anda isi. Jangan lupa centang persetujuan lalu klik selesaikan pendaftaran.


Setelah itu, anda akan dibawa ke halaman faktur, yang menandakan bahwa proses pembelian telah selesai dilakukan. Setelah itu silahkan cek email anda yang anda gunakan untuk mendaftar di idwebhost pada langkah di atas. Di sana akan anda peroleh informasi bagaimana cara melakukan pembayaran. Nomor rekening, biaya yang harus anda kirimkan ke salah satu rekening tersebut. serta bagaimana cara melakukan konfirmasi pembayaran.

Melakukan Pembayaran
Pembayaran bisa dilakukan menggunakan paypal maupun melalui bank lokal. Saya sendiri lebih biasa menggunkan bank lokal. mengirim uang lewat ATM ke salah satu nomor rekening yang dikirimkan idwebhost.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar proses konfirmasi pembayaran kita menjadi lebih mudah, yaitu dengan memanfaatkan kode berita saat pengiriman di ATM (kode diperoleh dari email) dan nominal yang dikirmkan, misalnya saya seharusnya membayar Rp. 95.000,- maka saya membayar Rp. 95.011,- nah, angka unik di belakang serta kode berita tersebut membantu pengecekan pengiriman menjadi lebih mudah.

Melakukan Konfirmasi Pembayaran
Setelah melakukan pembayaran, kita bisa melakukan konfirmasi dengan berbagai cara, yaitu melalui web idwebhost di alamat konfirmasi pembayaran atau melalui SMS (nomor Ada di Email). Berikut adalah tampilan konfirmasi pembayaran .

Konfirmasi Pembayaran idwebhost
Jika anda ingin melakukan konfirmasi pembayarn melaului SMS, Pastikan Point-point yang ada pada gambar di atas tertera di SMS anda.


Pengalaman Proses Pembelian
Saya membeli domain  di idwebhost untuk satu tahun, dengan melakukan pengisian formulir pukul empat pagi, lalu membayar via ATM pada pukul 8.10 WIB, serta konfirmasi pembayaran via SMS pukul 8.25 WIB. Kurang dari 20 menit saya sudah menerima Pesan bahwa Status pembelian saya sudah di approve, yang artinya domain tersebut resmi saya miliki. Sehingga langkah berikutnya yang saya lakukan adalah melakukan setting di blog yang miliki

No comments:

Post a Comment