Saturday, February 21, 2015

Membuka dan mengedit file teks (.txt) di Android

File teks (.txt) merupakan file yang paling mendasar di dunia PC dan android. Karena file jenis ini berisi teks paling mendasar tanpa pengaturan atau format tersembunyi yang menyertai teksnya. sebagai contoh sederhana, saat kita menulis kalimat "Pelajarterbaik" dengan pengaturan Tebal (Bold) dan miring (Italic) di microsoft word lalu kita copi paste di lembar microsoft word halaman baru, kita akan memperoleh hasil yang sama yaitu "Pelajarterbaik". Namun hasilnya akan berbeda jika kita copi teks tersebut ke aplikasi teks di komputer semacam notepad (kopi kesana), maka kita akan memperoleh teks paling mendasar tanpa sett apapun, sehingga jika kita copi teks tersebut lalu paste ke word, kita hanya akan melihat tulisan "pelajarterbaik" tanpa ada Bold maupun Italic menyertainya.

Untuk membuka dan mengedit file teks (txt) di PC memang kita tidak akan menemukan masalah karena aplikasi notepade pun sudah cukup bagus dan sangat baik. Namun ketika saya mencoba mencari aplikasi untuk membuka dan mengedit file teks di android, saya menemukan sedikit masalah karena beberapa aplikasi kurang berkualitas dan kurang sesuai dengan harapan saya. sampai akhirnya saya menemukan aplikasi yang bagus untuk membuka dan edit file jenis ini, yaitu aplikasi 920 Text editor dan Root Ekspoler

Aplikasi 920 Text Editor
Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup standar dengan kualitas yang cukup baik sesuai dengan fungsinya yang pada dasarnya memang sederhana. namun hal yang kurang saya suka dari aplikasi ini adalah tampilan yang terlalu besar hampir memenuhi layar ketika kita mengakses (mencari) file dari lokasi penyimpanan kita. Berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi 920 text editor :



Aplikasi Root Eksplorer
Setelah cukup lama menggunakan aplikasi 920 Editor, saya menemukan bahwa ternyata aplikasi root eksplorer juga mampu untuk membuka dan mengedit file teks (txt) dengan cukup baik. Aplikasi ini terdiri dari dua versi, yaitu versi free dan berbayar. Berikut adalah contoh tampilan aplikasi root eksplorer versi free.

Tampilan Eksplorer
Contoh Tampilan saat membuka File Teks (txt)
Tampilan saat mengedit file Teks (txt)


Antara kedua aplikasi tersebut, saya lebih cenderung menyukai eksplorer. karena tampilan view dan editnya yang lebih menarik.

Baca Juga :
Menyembunyikan Foto dan Video Dari Galeri Android
Cara menyimpan File Apk dari aplikasi terinstal
Nonton Video online anti buffering di android
Kumpulan DP BBM Bergerak
Daftar Artikel

No comments:

Post a Comment