Monday, February 23, 2015

Membuka dan Membuat File ZIP atau RAR di Android

Untuk saya sendiri, file jenis zip dan rar adalah jenis file yang tak tak asing lagi di PC yang saya miliki. Berbagai file yang saya miliki di PC sering saya kumpulkan menjadi file jenis ini. Hal itu saya lakukan karena berbagai alasan, misalnya agar file-file tersebut tidak bisa dibuka orang lain (karena saya tambahkan password) atau untuk sekedar menjadi lebih rapi, karena terus terang berdasarkan pengalaman yang saya miliki, komputer akan bekerja lebih ringan dan cepat saat file file saya rapihkan menjadi seperti ini. Coba saja anda buktikan, misalnya anda membuka sebuah folder yang berisi kumpulan file file aplikasi mentah (exe) yang banyak. Bandingkan saat file file tersebut dibiarkan dalam bentuk exe serta masing-masing disimpan menjadi file zip atau rar.
Baca : Membuka File Rar dan Zip di PC

Sebenarnya bukan hanya untuk aplikasi. Seperti yang saya bilang, bahwa saya menggunakan file jenis ini untuk memberikan password agar file-file tersebut tidak bisa dibuka orang lain. Maka itulah saya sering menggunakannya untuk mengompres (menyimpan dalam bentuk zip atau rar) beberapa file semisal foto.

Untuk membuka dan membuat file jenis zip atau rar di PC, kita tidak akan terlalu mendapatkan masalah karena banyak aplikasi yang sudah sangat bagus untuk melakukannya, misalnya saja winzip dan winrar. Namun ketika kita berbicara untuk Android, maka terus terang, aplikasi bernama winzip dan winrar di android tidak terlalu bagus menurut saya. Definisi Aplikasi yang Bagus :
  1. Mudah dan cepat untuk membuat File jenis ini.
  2. Mudah untuk membuka (terintegrasi dengan file eksplorer), sehingga saat menemukan file zip atau rar di file eksplore kita bisa langsung klik dan membuka file tersebut (tidak harus membuka aplikasi pembuka terus mencari file nya)
  3. Jika itu foto, video, teks atau apapun, kita bisa langsung play atau view tanpa harus mengekstraknya terlebih dahulu.
  4. Ringan digunakan (tidak menghabiskan RAM di Android
Saya sudah mencoba berbagai aplikasi untuk membuka file jenis zip dan rar di android, namun kebanyakan bermasalah pada point 2 dan 3. Sampai akhirnya saya menemukan aplikasi yang cukup bagus untuk melakukannya karena semua point tersebut terpenuhi. Aplikasi tersebut bernama ZArchiver - play store. Berikut adalah contoh tampilan dari aplikasi ini :



Aplikasi tersebut merupakan aplikasi gratis yang sangat ringan digunakan. Tampilannya pun menarik dengan layar yang lebar sehingga nyaman digunakan.

Baca Juga :
Membuka dan mengedit file teks (.txt) di Android
Menyembunyikan Foto dan Video Dari Galeri Android
Cara menyimpan File Apk dari aplikasi terinstal
Nonton Video online anti buffering di android
Daftar Artikel

No comments:

Post a Comment