Friday, April 10, 2015

Cara memberi logo (watermark) di video dengan videopad

Bagi anda yang suka mengupload video di internet seperti youtube atau instagram. Alangkah lebih baik jika anda mengenal logo video (watermark). Logo atau yang biasa disebut watermark merupakan bagian yang cukup penting. Logo mampu membuat penonton lebih mengingat nama anda atau saluran yang anda miliki, membuat video anda tampak lebih profesional, serta melindungi hak cipta dari video yang anda unggah. Dengan adanya logo di video yang anda miliki, paling tidak ketika orang lain mengupload ulang atau menyebarkan video anda (tanpa ijin), anda tidak terlalu khawatir karena hal tersebut akan membuat nama dan saluran anda menjadi lebih dikenal. Ketika orang melihat video anda di saluran milik siapapun, dia akan tahu kalau itu adalah video dari saluran anda. Jika dia tertarik dengan video-video anda, siapa tahu dia akan berlangganan dan sering melihat video-video anda.

Berikut ini adalah contoh sebuah video yang memiliki logo (watermark) di dalam videonya. Perhatikan baik-baik pada pojok kanan atas video berikut ini :



Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana detail langkah membuat logo di video youtube menggunakan watermark saluran dan menggunakan aplikasi videopad.

Cara Membuat Logo (watermark) di Youtube
Bagi anda pengguna youtube. Membuat logo saluran sangatlah mudah. Kita cukup menyiapkan sebuah gambar yang berformat png atau gif (usahakan jangan jpg), agar logo anda memiliki bentuk yang unik sesuai logo dan bukan berbentuk kotak (ciri jpg). Perbedaan mengenai ekstensi gambar-gambar tersebut pernah saya jelaskan di artikel saya tahun lalu : Perbedaan gambar gif, png, dan jpg. Setelah kita siap dengan gambar yang akan kita gunakan sebagai logo, kita cukup masuk ke setelan saluran yang kita miliki, kemudian klik tanda air di menu pemograman dalam video. Lihat artikel tetangga milik Mas Riad untuk membaca lebih detail.

Cara Membuat Logo di video dengan VideoPad
Membuat logo di dalam video dengan menggunakan aplikasi Videopad, memiliki aturan yang kurang lebih sama dengan youtube. Hal yang wajib kita siapkan pertama kali adalah sebuah logo (watermark) dengan format file png atau gif. File logo tersebut kemudian sudah harus  dibuat memposisikan diri pada sebuah gambar png atau gif . Buat seluruh gambar menjadi kosong (transparant) kecuali bagian logo. Membuat gambar ini akan lebih mudah jika anda bisa menggunakan photoshop.

Contoh File Png yang Benar

Jika anda sudah memahmai bagaimana logo yang perlu anda siapkan. Langkah berikutnya hanyalah memasukan logo tersebut ke dalam video. Dengan menggunakan tombol add file maupun dengan drag and drop (seret dan letakan). Kemudian meletakkan di lokasi paling atas di set kerja videopad.




Atur durasi waktu dari penempatan logo tersebut. bisa diperpanjang atau diperpendek hanya dengan meletakkan kursor di samping file tersebut (di set kerja) kemudian seret di perpanjang atau diperpendek sesuai keinginan.


Menyimpan Hasil Kerja
Jika anda belum memiliki aplikasi ini, silahkan berkunjung ke situs resmi videopad atau anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang videopad dan movie maker. Disana juga dijelaskan bagaimana cara menyimpan video hasil edit melalui menu eksport.

Baca Juga :
Tutorial lengkap Menggunakan aplikasi Videopad
Daftar Artikel Blog

No comments:

Post a Comment