Thursday, April 9, 2015

VideoPad jauh lebih baik dari aplikasi movie maker

Sebelumnya saya lebih sering menggunakan movie maker ketika melakukan edit video. Alasannya cukup sederhana, yaitu karena movie maker merupakan sebuah aplikasi edit video yang ringan di gunakan di PC yang saya miliki. Support dengan berbagai efek-efek dasar, transisi yang cukup bagus, mampu  menggabung-gabungkan gambar menjadi video, dapat memberi tulisan pada video, serta berbagai kemampuan lain yang tidak bisa semua saya jelaskan disini. Namun, beberapa kekurangan membuat saya meninggalkan aplikasi ini sejak lama. Kekurangan tersebut diantaranya adalah file hasil video editor ini menggunakan format yang kurang lazim di pasaran (biasnya wmv), kualitas video yang dihasilkan sedikit kabur dari aslinya, waktu penyimpanan (publish) yang sangat lama, serta kurangnya kemampuan  hal-hal dasar yang lain.

Kekurangan pada movie maker tersebut membuat saya mencoba mencari aplikasi video editor yang lain. Beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan diantaranya, Lightworks, File Lab Video editor, VideoLAN Movie Creator, Avidemux, Movie Maker, Machete lite editor, Wax,  Ezvid, VideoSpin , VideoPad atau berbagai video editor yang lain. Namun saya sendiri menjatuhkan pilihan saya kepada aplikasi ringan (sekitar 5 MB) yaitu VideoPad. Berikut adalah tampilan aplikasi Video Pad 3.79.

Tampilan VideoPad
Bagi saya sendiri, aplikasi ini sudah sangat bagus melebihi apa yang bisa dilakukan movie maker. Selain itu. aplikasi ini juga sudah sangat mewakili apa yang bisa dilakukan aplikasi video editor kelas berat. Hal ini terbukti dengan kenyataan bahwa,  sampai saat ini aplikasi ini mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan saya tentang berbagai teknik dasar dalam melakukan edit video, Misalnya :

Cara menambahkan musik latar belakang di video
Cara membuat suara video Fade in (makin besar) dan Fade out (makin kecil)
Cara meningkatkan suara video yang kecil
Cara menambahkan tulisan di video
Cara mengatur berbagai macam efek di video
Cara mengatur transisi
Cara mengatur jenis file video yang dihasilkan
Cara mengatur kualitas frame dan ukuran layar

Menyimpan Hasil Edit Video
Hal yang saya sukai dari aplikasi ini adalah, kita bisa mengeksport file video yang dihasilkan ke dalam berbagai ekstensi (saya biasa .avi atau .mp4), bebas mengatur ukuran lebar tinggi layar termasuk jumlah frame yang di inginkan. Bisa juga langsung diupload ke sosial media atau langsung ke akun youtube yang kita miliki. Bisa disimpan ke dalam bentuk File Disc. Serta bagi yang suka film 3D, video yang kita eksport bisa di eksport menjadi video 3D.
Tampilan VideoPad
Di dalam menggunakan aplikasi Videopad ini, tentunya masih banyak hal yang belum saya kuasai. Tapi secara garis besar, aplikasi ini sangat bagus. Dalam artian ringan di PC dan sangat mudah digunakan.

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment