Wednesday, April 1, 2015

Cara mudah mengatasi Error 404 saat mengetik tanpa www

Ketika kita selesai mengganti domain blogspot yang kita miliki menjadi domain TLD. Hal yang harus kita lakukan pertama kali adalah mengecek apakah alamat domain yang kita gunakan sudah terpasang dengan benar. Cek apakah muncul perbedaan antara mengetik domain dengan www dan tanpa www, Karena bisa jadi domain yang kita miliki masih memiliki pengaturan yang kurang benar sehingga muncul pesan Error 404, seperti berikut :

Contoh Gambar Error 404
Contoh Tampilan gambar Error 404
Pesan Error 404 ini juga terjadi pada blog pelajarterbaik yang saya miliki untuk beberapa hari, hingga kemudian ketika saya mencoba mengetik URL blog tersebut, saya menyadari adanya sebuah kesalahan  dan segera memperbaikinya. Untuk memperbaiki pesan Error yang muncul saat kita mengetik domain tanpa www tersebut, kita cukup melakukan sedikit pengaturan pada menu setelan yang kita miliki di blogspot. Berikut adalah langkah detail Bagaimana memperbaiki Error 404 melalui pengaturan blogspot.

Masuk akun blog yang mengalami masalah Error 404.
Kemudian Pilih Menu setelan dasar seperti yang di tunjukkan gambar berikut, kemudian pada URL blog yang kita miliki Klik Edit.



Setelah Klik edit kita akan menemukan tampilan Seperti di atas. hal yang perlu kita lakukan adalah cukup memberi ceklist pada tulisan alihkan domainkamu.com ke www.domainkamu.com. kemudian Klik simpan.

Setelah kita selesai melakukan seluruh pengaturan tersebut. Maka ketika kita mengetikkan alamat URL yang kita miliki tanpa disertai www, maka akan secara otomatis dialihkan ke alamat blog kita dengan www. Bukan di arahkan ke halaman Error 404. Jadi pada kasus ini, URL utama yang kita miliki adalah www.domainkamu.com, bukan domainkamu.com. Sehingga di browser apapun dan diakses siapapun, di kolom URL yang mereka miliki, blog kita akan tampil sebagai www.domainkamu.com.

Bagaimana jika anda lebih Suka URL tanpa www
Mungkin sebagian dari anda (termasuk saya) lebih menyukai jika tampilan URL yang ada di kotak URL adalah alamat tanpa www. Hal ini di dasarkan pada kenyataan bahwa situs-situs lain menghilangkan tulisan www tersebut di pengaturan yang mereka miliki (tanpa terjadi Error 404). Namun apa yang ingin saya sampaikan adalah, hal itu hanya bisa dilakukan jika kita menggunakan wordpress atau pun menggunakan Hosting pribadi (Bukan hosting Blogspot).

No comments:

Post a Comment