Tuesday, April 7, 2015

Cara mempercepat dan memperlambat gerakan di dalam Video dengan Videopad

Mungkin kalian pernah melihat sebuah video yang didalamnya gerakan-gerakan di dalam video tersebut sangat cepat maupun sangat lambat (slow motion). Hal itu biasanya dilakukan karena, pada peristiwa nyata, fenomena tersebut bergerak sangat lambat sehingga membosankan jika harus menunggu cukup lama, maupun bergerak sangat cepat sehingga sulit untuk di amati dengan mata biasa. Gerakan-gerakan dipercepat tersebut misalnya gerakan awan (sering tuh di film). sementara gerkan yang perlu diperlambat misalnya saja, mengamati tetes air jatuh, petasan meledak atau fenomena lain yang sulit di amati dengan mata biasa.

Jika anda suka edit video dan ingin menciptakan sebuah video yang bagus. sehingga di dalamnya terdapat efek dipercepat maupun diperlambat (slow motion). Maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit trik bagaimana melakukan nya dengan aplikasi edit video bernama videopad.
Berikut ini adalah salah satu contoh video yang menggunakan efek dipercepat. Silahkan anda amati video tersebut :



Cara mempercepat dan memperlambat gerakan di dalam Video
Hal pertama yang harus kita lakukan jika ingin membuat gerakan dipercepat maupun diperlambat di dalam video adalah dengan melakukan split di bagian tertentu di video tersebut. Baca : Cara memotong-motong video dengan VideoPad


Setelah anda memilih (klik) bagian yang ingin dipercepat atau diperlambat. Silahkan anda klik kanan kemudian pilih clip speed. kemudian atur persentase kecepatan video anda. kecepatan 100 Persen artinya video berjalan dengan kecepatan biasa. lebih dari 100 persen artinya dipercepat (200 persen berarti 2X kecepatan biasa) sementara kurang dari 100 persen artinya video tersebut diperlambat.


Menyimpan Hasil kerja
JIka anda sudah mempercepat dan memperlambat video sesuai dengan yang anda inginkan serta sesuai dengan keinginan anda saat video di play (preview). Maka langkah berikutnya anda cukup menyimpan video yang anda buat dengan klik Eport Video di pojok kanan atas.

Jika anda belum memiliki aplikasi ini, silahkan berkunjung ke situs resmi videopad atau anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang videopad dan movie maker.

Baca Juga :

No comments:

Post a Comment