Tuesday, March 10, 2015

Alasan Kenapa Upload Di youtube Sangat Lama

Baru-baru ini, saya mencoba untuk mengupload beberapa video di youtube. Pada kondisi itu, sinyal internet yang saya miliki terbilang sudah bagus. Hal itu terbukti dengan sangat lancarnya berbagai kegiatan seperti browsing, download, streaming video, serta berbagai aktivitas lain yang biasa dilakukan di depan internet. Namun ternyata ada sesuatu yang membuat saya terkejut, dibalik kecepatan yang luar biasa itu, ternyata video yang saya upload di youtube yang hanya berkisar antara 30 hingga 60 MB, memerlukan waktu hingga ratusan menit. Bahkan di angka hingga 300an.


Hal tersebut membuat saya tertarik memikirkan berbagai faktor-faktor yang melatarbelakangi fenomena munculnya ratusan menit tersebut, agar kemudian bisa diperbaiki masalahnya sehingga proses upload berikutnya menjadi lebih cepat dari saat ini.

Ukuran File
Bagaimana bisa saya mendownload file dan streaming video yang berukuran hingga ratusan MB dengan sangat cepat, namun untuk upload sebuah file berukuran puluhan MB, memerlukan waktu yang sangat lama. ukuran file yang diambil ke komputer (download) lebih besar dari yang terkirim (upload), menunjukan bahwa ukuran file bukan menjadi alasan utama kenapa fenomena ratusan menit itu muncul saat mencoba upload di youtube.

Jaringan Sibuk
Seperti beberapa situs lain yang mengudara di internet. jaringan yang sibuk bisa saja menjadi salah satu alasan kenapa sebuah proses pengiriman dan penerimaan data berjalan dengan sangat lambat. Hal tersebut membuat saya mencoba mengupload file di youtube pada berbagai jam yang berbeda, dengan asumsi bahwa perbedaan jam tersebut membuat perbedaan pula pada kondisi kesibukan server youtube. Namun hal yang saya peroleh adalah fenomena ratusan menit tersebut masih saja terjadi.

Perbedaan Kecepatan Upload dan Download
Hal itu akhirnya terjawab dengan alasan yang sangat sederhana, bahwa kecepatan download dan upload berada pada kerangka yang berbeda. Download merupakan proses pengambilan data dari komputer luar ke komputer yang kita miliki. Hal ini umumnya cepat karena komputer yang mengirimkan data ke komputer kita merupakan kumpulan komputer-komputer yang super canggih. Sementara upload merupakan proses pengambilan data dari komputer kita (komputer biasa) ke komputer lain. Hal inilah salah satu alasan kenapa proses upload memakan waktu lama, karena proses upload hanya mengandalkan komputer yang kita miliki. Untuk mencoba mengetes kecepatan download dan upload operator yang anda miliki, silahkan kunjungi situs speedtest.

Tips Mempercepat Upload di Youtube
Jika anda ingin mengupload video-video anda ke youtube. Ada beberapa hal yang harus anda ketahui agar proses upload bisa menjadi lebih cepat. Beberapa diantaranya terkait dengan ukuran file yang ingin anda upload dan jenis ekstensi file yang anda gunakan. Selengkapnya anda bisa mencoba membaca di artikel berikut ini :
Cara terbaik mempercepat upload di youtube

No comments:

Post a Comment