Tuesday, March 24, 2015

Membuka File Berekstensi exe di PC dan Android

Bagi kita pengguna komputer, file berekstensi .exe (execute) merupakan jenis file yang sangat akrab kita temui. Hal ini dikarenakan hampir semua file dasar yang berada pada PC yang kita miliki menggunakan jenis file ini. Maka tak heran, jika file jenis ini menjadi file yang tidak asing lagi. Berdasarkan pengalaman saya ketika menggunakan PC, pada umumnya file berekstensi exe ini akan kita temui pada beberapa kondisi seperti berikut :
  1. Aplikasi mentah yang Belum Terinstal, merupakan file yang biasa kita gunakan (kita cari-cari) saat kita ingin menginstal aplikasi tertentu di PC yang kita miliki.
  2. Aplikasi Hasil Instalasi, merupakan aplikasi hasil file mentah yang kita instal. setelah kita menginstal aplikasi, biasanya kita jumpai icon-icon di dekstop (biasanya) yang sebenarnya hanyalah sebuah jalan pintas yang mengarah ke file exe yang ada di Drive C (lokasi biasanya).
  3. File-file yang bisa terbuka secara langsung tanpa mengharuskan terinstal aplikasi tertentu di PC, aplikasi portable, ebook berekstensi exe dan lain-lain.
  4. File-file kompresi (sekelas file zip atau rar). Beberapa orang mengkompress "kumpulan file" bukan dalam bentuk zip atau rar, tapi ke dalam file berekstensi exe.
Membuka File Exe di PC
File exe ini merupakan file dasar yang bisa di buka oleh PC apapun tanpa harus kita lengkapi dengan aplikasi tertentu. Sehingga jika kita menemui file jenis ini di PC, kita bisa langsung membukanya tanpa menemukan kendala yang berarti. Cukup klik dua kali dan file tersebut langsung tereksekusi sesuai tujuan penciptaannya.

Meskipun merupakan file dasar, tetap ada beberapa kondisi dimana PC kita bermasalah dan tidak mengenali file exe. Hal ini biasanya terjadi karena serangan virus yang membuat registry di PC yang kita miliki tidak mengenali lagi ekstensi exe. Hal itu pernah terjadi pada PC yang saya miliki dan saya buru-buru melakukan instalasi ulang pada windows yang saya gunakan. Padahal menurut beberapa sumber, seharusnya saya tidak buru-buru melakukannya karena hal tersebut bisa diperbaiki melauli registry PC nya.

Membuka File exe di PC dan Android
Contoh File exe di PC tak bisa terbuka

Jika PC kita bermasalah dalam membuka file exe, kita bisa memperbaikinya dengan mengubah registry nya. Baca : Solusi Memperbaiki ekstensi exe tidak bisa dibuka

Membuka File Exe di Smartphone Android
Membuka file exe di android memiliki keterbatasan. Karena pada dasarnya file jenis ini digunakan untuk OS windows. Sehingga jika file berekstensi exe tersebut merupakan file-file aplikasi windows (atau sekelas-nya), namun jika kita memaksa ingin membukanya di Smartphone android yang kita miliki. maka kita memerlukan aplikasi semacam virtual windows yang mampu membuat OS android kita seolah-olah merupakan sebuah Windows. virtual windows untuk android tersebut, saat ini setahu saya belumlah Ada. Hehe

File exe yang memungkinkan untuk dibuka di android adalah file exe yang merupakan file kompresi (poin empat). Sehingga jika kita ingin membuka file exe di android, yang akan kita temui adalah file-file penyusun dari file exe tersebut. Saya pernah membuka file exe di android yang saya miliki dengan menggunakan aplikasi ZArchiver. File exe yang gunakan saat itu adalah file kompresi (kumpulan file "pdf" yang dikemas ke exe). Berikut ini adalah tampilan dari aplikasi ZArchiver.

Contoh Tampilan Aplikasi ZArchiver
Saya mohon maaf karena screenshot yang ditampilkan di atas bukanlah SS dari File exe yang saya buka android. Karena kebetulan gambar di atas sudah pernah saya upload di artikel : Membuka dan membuat file ZIP/RAR di Android. Tapi pada intinya, yang ingin saya sampaikan adalah, kita bisa saja membuka file exe di android. Namun kita hanya akan menjumpai, mengekstak, mengambil kumpulan file-file dasar (penyusun) nya saja, bukan menjalankan file nya seperti kita menjalankan file exe di PC. 

So, jika kita punya game menarik berekstensi exe di PC atau apapun yang ingin kita jalankan dan buka di android. Saya sarankan cobalah cari versi androidnya di googlepaly store.

Baca Juga :
Membuka dan mengedit file teks (.txt) di Android
Menyembunyikan Foto dan Video Dari Galeri Android
Cara menyimpan File Apk dari aplikasi terinstal
Nonton Video online anti buffering di android
Daftar Artikel

No comments:

Post a Comment